Headline News

header-int

Bupati Pesisir Selatan resmikan 10 Taman Kanak-Kanak Swasta menjadi Taman Kanak-Kanak Negeri

Jumat, 16 Agu 2019, 16:29:15 WIB - 123 | Gusmanelly, A.Md
Bupati Pesisir Selatan resmikan 10 Taman Kanak-Kanak Swasta menjadi Taman Kanak-Kanak Negeri

Painan, Bupati Pesisir Selatan resmikan 10 Taman Kanak-Kanak (TK) Swasta menjadi Negeri di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Jum’at (16/08/19), yang juga dihadiri oleh perwakilan dari camat 10 kecamatan TK Negeri yang akan diresmikan.

Peresmian dan Penyerahan SK Sekolah Taman Kanak-Kanak Negeri Kabupaten Pesisir Selatan sebelum dibuka secara resmi oleh Bupati Pesisir Selatan dimeriahkan dengan tari persembahan yang dibawakan oleh 7 orang murid TK Dharmawanita Painan IV Jurai.

Bupati Pesisir Selatan dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada 7 orang murid TK Dharmawanita Painan atas penampilan mereka membawakan tari persembahan. Dan dalam sambutannya bupati juga menyarankan kepada pimpinan kecamatan atau camat untuk menaikan gaji guru-guru TK  terutama Guru Honor karena mengajar di level pendidikan anak usia dini (PAUD) tidaklah mudah. Selain harus ekstra sabar, guru TK akan menjadi contoh bagi anak didiknya. Guru TK juga harus mampu bekerja sama dengan orang tua untuk menciptakan suasana yang kondusif, baik di sekolah maupun di rumah.

“Seorang guru TK mengurusi begitu banyak anak yang masih belum bisa apa-apa, seorang diri. Menyuapi, mengantar mereka ke kamar mandi, membersihkan kotoran mereka ketika tak sengaja pipis atau BAB di kelas, membujuk ketika mereka ngambek, menemani mereka mengerjakan prakarya sampai lewat waktu istirahat, mengawasi siapa yang menjemput mereka pulang di sekolah dan memastikan mereka pulang dengan selamat ke rumah”ungkapnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam laporannya kepada Bupati menjelaskan bahwa 10 TK Swasta yang berubah status menjadi TK Negeri adalah 1). TK Tunas Bangsa menjadi TK Negeri Pembina 01 Koto XI Tarusan, 2). TK Talang Sari Lunang menjadi TK Negeri Pembina 01 Lunang, 3). TK Nurul Huda menjadi TK Negeri Pembina 01 Pancung Soal, 4). TK Harapan Dharmawanita menjadi TK Negeri Pembina 02 IV Jurai, 5). TK Dwi Bakti menjadi TK Negeri Pembina 02 Linggo Sari Baganti, 6). TK Dharmawanita Tugas Harapan menjadi TK Negeri Pembina 01 Sutera, 7). TK Dharmawanita Ranah Ampek Hulu menjadi TK Negeri Pembina 01 Ranah Ampek Hulu, 8). TK Bunda  Ranah Pesisir menjadi TK Negeri Pembina 01 Ranah Pesisir, 9). TK Baiturahim Basa Ampek Balai menjadi TK Negeri Pembina 01 Basa Ampek Balai dan 10). TK Aisiyah Silaut menjadi TK Negeri Pembina 01 Silaut.

“Dengan berubahnya status 10 TK Swasta menjadi TK Negeri, maka di Kabupaten Pesisir Selatan tinggal 2 Kecamatan yang belum memiliki TK Negeri yaitu Kecamatan Bayang Utara dan Batang Kapas dan InsyaAllah tahun depan akan disiapkan untuk menjadi TK Negeri”harapnya.

Kegiatan Peresmian dan Penyerahan SK Sekolah Taman Kanak-Kanak Negeri Kabupaten Pesisir Selatan ditutup dengan penyerahan Surat Keputusan Bupati Pesisir Selatan tentang Penetapan TK Negeri kepada 10 TK Negeri yang diterima langsung oleh masing-masing Kepala Sekolah.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube