Headline News

header-int

Disdikbud adakan Lomba Story Telling Tingkat SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan

Sabtu, 31 Agu 2019, 12:09:07 WIB - 252 | Gusmanelly, A.Md
Disdikbud adakan Lomba Story Telling Tingkat SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan

Painan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan adakan Lomba Story Telling antar siswa SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan untuk tahun 2019. Lomba tersebut  dilaksanakan pada tanggal 29 sampai 30 Agustus 2019 yang bertempat di Hotel Anordio Painan.

Pelaksanaan Lomba Story Telling secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu H. Zulkifli, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya zulkifli memotivasi semua peserta untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari bahasa Inggris karena terdapat banyak peluang yang bisa diperoleh siswa untuk masa depannya. Salah satunya adalah bentuk kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Sampoerna Foundation adalah pemberian beasiswa bagi tamatan SMA/SMK untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan ketentuan harus memiliki nilai TOEFL yang sesuai persyaratan.

Zulkifli menyatakan bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang perlu dipelajari dan dikuasai dalam kegiatan pembelajaran. Berbicara mengenai bahasa Inggris, bahasa Inggris adalah bahasa yang secara tidak kita sadari, telah menuntut kita harus memahaminya dan dapat menggunakannya kapan saja dan dimana saja, di samping bahasa ibu. Belum lagi, kemajuan zaman yang semakin menguatkan hal tersebut. Ditandai dengan adanya pasar global, pertukaran budaya, hingga terciptanya teknologi-teknologi berbasis bahasa Inggris, seperti komputer, telepon seluler, dan alat-alat elektronik lain, bahkan dunia permusikan dan gaya hidup pun telah dijamah oleh bahasa Inggris.

Lanjutnya, “dengan keadaan yang seperti ini, kita harus memahami betul pentingnya bahasa Inggris tersebut. Untuk mencapai pengalaman belajar yang mengesankan dan sebagai motivasi dalam belajar bahasa Inggris, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan lomba berkaitan dengan penguasaan bahasa Inggris yaitu Lomba Story Telling Tingkat SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan”.tutupnya

Sebelumnya, ketua panitia lomba, Sudirman, S.Pd, M.Pd menyatakan bahwa tujuan utama dilaksanakannya kegiatan lomba Story Telling ini antara lain ; 1). meningkatkan minat dan kemampuan siswa SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan dalam berbahasa Inggris. 2) menciptakan suasana saling berkompetensi antar siswa SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan untuk menjadi yang terbaik. 3) mengasah kemampuan keterampilan siswa SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Sebagai tim penilai, panitia mengundang 3 orang juri yang berasal dari pengawas dan guru Bahasa Inggris yaitu Yuni Cendrikawaty, M.Pd ( Pengawas SMA pada Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat ), Darma Yunita, S.Pd ( Guru SMA Negeri 3 Painan ) dan Devi Aflina Sari, S.Pd ( guru SMP Taman Siswa Padang ).

Kegiatan yang diikuti oleh 95 orang peserta kategori putra dan putri  tersebut menghasilkan 6 orang peserta terbaik, pada Kategori Putra Terbaik 1 berasal dari UPT SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti atas nama  Syafri Angga Hendri. Terbaik 2 berasal dari UPT SMP Negeri 1 Sutera atas nama Muhammmad Khairul Nizam dan Terbaik 3 berasal dari UPT SMP Negeri  1 Painan atas nama Ferdy Aditama Putra. Pada Kategori Putri Terbaik 1 berasal dari UPT SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai – Tapan atas nama Khairannisa.  Terbaik 2 berasal dari UPT SMP Negeri  1 Koto XI Tarusan atas nama Rury Devona Darpius dan Terbaik 3 berasal dari UPT SMP Negeri 1 Sutera atas nama Keysha Tafsir. Kepada masing-masing pemenang diberikan reward  berupa sertifikat dan hadiah uang dengan rincian terbaik 1 sejumlah Rp 1.000.000,-  terbaik 2 sejumlah Rp 750.000,-  dan untuk terbaik 3 sejumlah Rp. 500.000,-

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube