Headline News

header-int

Disdikbud Gelar Rapat Koordinasi Kepala SD dan SMP se Kabupaten Pesisir Selatan

Selasa, 13 Agu 2019, 14:36:20 WIB - 166 | Gusmanelly, A.Md
Disdikbud Gelar Rapat Koordinasi Kepala SD dan SMP se Kabupaten Pesisir Selatan

Painan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam rangka percepatan pencapaian mutu pendidikan melalui pengoptimalan tugas kepala sekolah, bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (13/08/19).

Acara dihadiri H.Zulkifli,S.Pd,M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, didampingi oleh Suhendri,S.Pd,M.Si selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan dan Jafri,S.Pd selaku Kabid Pembinaan SD dan Elidarti,M.Pd selaku Kabid Pembinaan SMP serta 458 org Kepala Sekolah jenjang SD dan SMP se Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain dihadiri oleh Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rapat Koordinasi Kepala Sekolah SD dan SMP ini juga dihadiri oleh Bapak Bupati Pesisir Selatan, dalam arahannya Bapak Bupati Pesisir Selatan menyampaikan kepala seluruh Kepala Sekolah agar Rakor ini dapat dimanfaatkan secara optimal guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada didunia pendidikan khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Lanjutnya bupati juga menyampaikan bahwa “peran kepsek sebagai leader, harus memiliki beberapa kemampuan, baik dari segi kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, keputusan dan berkomunikasi” ujarnya.

Zulkifli dalam laporannya kepada Bupati mengatakan, bahwa kegiatan Rapat Koordinasi ini diikuti oleh Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP se Kabupaten Pesisir Selatan dan dilaksanakan dari tanggal 13,14,15 dan 20 Agustus 2019, serta kegiatan ini bertujuan selain untuk mempererat silaturahmi antar kepala sekolah juga mengevaluasi kinerja kepala sekolah guna mewujudkan mutu pendidikan lebih baik lagi.

Setelah Pembukaan Rakor dilanjutkan dengan materi “Kepemimpinan Kepala Sekolah Abad 21” oleh Suhendri,SPd,M.Si Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku Pemateri.

Suhendri  menjelaskan bahwa ada beberapa 7 syarat yang harus dilakukan Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan, yaitu ;1.Sebagai pendidik kepala sekolah bertugas mendidik peserta didik, 2.Sebagai manajer harus mempunyai setrategi yang tepat dalam memberdayakan tenaga pendidik, 3.Sebagai administrator kepala sekolah harus bertanggungjawab dalam semua kegiatan, 4. Sebagai supervisor harus dapat melakukan pembinaan,5. Sebagai leader harus bisa memimpin bawahannya untuk mewujudkan visi dan misi kedepannya, 6.Sebagai inovator bisa memiliki setrategi dalam membuat inovasi dan model-model pendidikan, 7. Sebagai motivator harus bisa memberikan motivasi kepada tenaga pengajar.

“Untuk mewujudkan  syarat tersebut, Kepala Sekolah harus memilikli 5 keterampilan, yaitu ; kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik, sumber daya manusia yang handal, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi bidang sosial budaya, kreatif, dan dapat mengendalikan diri sendiri”ujarnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube