Headline News

header-int

Disdikbud Selenggarakan Sosialisasi DAK SD dan SKB

Selasa, 02 Jul 2019, 14:17:01 WIB - 57 | Gusmanelly, A.Md
Disdikbud Selenggarakan Sosialisasi DAK SD dan SKB

Painan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi DAK SD dan SKB Tahun 2019 (selasa, 2 Juli 2019) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan Sosialisasi DAK SD dan SKB Tahun 2019 ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan diwakili oleh JAFRI,S.Pd selaku Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, dan dihadiri oleh Kepala Sekolah Penerima DAK Tahun 2019 dan Ketua Panitia Pembangunan Sekolah (P2S) Penerima DAK Tahun 2019.

Dalam Sambutannya JAFRI,S.Pd menjelaskan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik menurut tujuannya ada tiga jenis, yaitu DAK Fisik Reguler, DAK Fisik Penugasan, dan DAK Fisik Afirmasi.

“DAK Fisik Reguler diarahkan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan pelayanan dasar dan pemerataan ekonomi. Kemudian DAK Fisik Penugasan diarahkan untuk mendukung pencapaian prioritas nasional yang menjadi kewenangan daerah dengan lingkup kegiatan spesifik dan lokasi prioritas tertentu. Sedangkan DAK Fisik Afirmasi diarahkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar pada lokasi prioritas yang termasuk kategori daerah perbatasan, kepulauan, tertinggal dan transmigrasi,” jelasnya.

Lanjutnya “Program DAK Fisik ini juga diharapkan dapat dilaksanakan tepat waktu, sehingga semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang direncanakan. Bahkan yang sangat penting bagi setiap pengguna DAK Fisik ini adalah semua penggunaan dan pelaporan keuangan dapat dilakukan dengan rinci, teliti dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak bermasalah dengan hukum”

“Agar dana yang sudah disalurkan tersebut benar-benar amanah dan hasil pekerjaan fisik yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, terkhusus di bidang Pendidikan dapat bermanfaat bagi siswa-siswi atau bapak ibu guru (pihak sekolah) sehingga juga secara tidak langsung dapat berimbas bagi peningkatan mutu Pendidikan,” terangnya

Hadir sebagai narasumber kegiatan ini adalah Yeni Puspita,SH.MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Painan dan Kasi Intel M. Miftah Winata, SH

Dalam arahannya, Yeni Puspita menyampaikan agar peserta sosialisasi untuk mematuhi ketentuan yang sudah diatur dalam Perpres no 141 Tahun 2018. “Perpres 141 Tahun 2018 ini merupakan petunjuk teknis tentang Dana Alokasi Khusus Fisik Tahun 2019. Apabila didalam pelaksanaan nantinya menemui kendala maka segera disampaikan ke Tim DAK Dinas Pendidikan.”ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube