Headline News

header-int

Siswa dan Guru SMP Ikuti Lawatan Sejarah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019

Rabu, 17 Jul 2019, 16:27:52 WIB - 142 | Gusmanelly, A.Md
Siswa dan Guru SMP Ikuti Lawatan Sejarah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019

Painan, Sebanyak 60 peserta mengikuti Lawatan Sejarah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019. Kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan itu dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (17/7).

Kegiatan Lawatan Sejarah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019 berangkat dari Painan menuju ke Kecamatan Lunang yaitu ke Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Komplek Makam Bundo Kanduang dan Makam Cindua Mato.

Sebelum Pemberangkatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini diwakili oleh Irfan Rizal,SIP selaku Kabid Kebudayaan dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi, inspirasi, dan pemahaman tentang suatu peristiwa bersejarah di daerah dalam konteks sejarah lokal kepada generasi muda, sehingga timbul kesadaran untuk merawat warisan para pendahulu bangsa ini dan menjaga moralitas dalam membangun bangsa serta Mensosialisasikan pengetahuan sejarah dengan metode di luar pelajaran sekolah. Sehingga sejarah menjadi pengetahuan yang dapat dipelajari secara menyenangkan.

“melalui kegiatan seperti ini dapat memperkenalkan pada peserta tentang sejarah lokal. Sehingga nantinya sangat relevan untuk mencintai sejarah lokal di kampungnya, di kecamatannya, ataupun di kotanya sendiri. Dengan mencintai lingkungan sejarahnya, mereka akan lebih mencintai daerahnya, sehingga kemudian mereka juga dapat berkontribusi dan berkarya untuk kemajuan daerahnya,” ungkapnya

Irfan, saat pemberangkatan menyampaikan harapannya agar selama dalam perjalanan tidak mengalami hambatan apapun. Demikian juga dari mulai acara hingga kelar senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan Laseda, merupakan kegiatan tahunan dalam upaya menginternalisasikan nilai sejarah dan budaya kepada peserta didik. Dalam kegiatan ini, peserta didik akan dikenalkan objek-objek serta peristiwa sejarah yang terjadi di suatu daerah.

Pada tahun ini, kegiatan Laseda dipusatkan di Kecamatan Lunang, tepatnya di Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Komplek Makam Bundo Kanduang dan Makam Cindua Mato. Sebanyak 60 orang peserta yang terdiri dari 53 peserta didik dan 7 guru yang berasal dari 7 UPT SMP yang ada di Kecamatan IV Jurai.

Kasrida,SH selaku Kasi Seksi Sejarah dan Purbakala mengatakan, Lawatan Sejarah Daerah ini diperuntukkan bagi para siswa/-siswi agar dapat memperluas pemahaman tentang sejarah bangsa. Lebih khusus, sejarah dan warisan budaya di daerah. Tujuannya, agar tidak mudah tenggelam di tengah perkembangan zaman, tetap utuh, dihormati, dan dikenal secara beregenerasi.

“Mulai dari kita saat ini sampai anak cucu kita ke depan untuk melestarikan, melindungi, dan terus memelihara peninggalan bersejarah dan tradisi bangsa,” tukasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube