Headline News

header-int

utusan UPT SMP Negeri 4 Painan raih predikat Terbaik 1 dalam Ajang OPSI antar siswa SMP se Pessel

Senin, 26 Agu 2019, 08:48:18 WIB - 235 | Gusmanelly, A.Md
utusan UPT SMP Negeri 4 Painan raih predikat Terbaik 1 dalam Ajang OPSI antar siswa SMP se Pessel

Painan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan adakan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) antar siswa SMP se-Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019, jum’at (23/08/2019) di Hotel Anordio Painan.

OPSI ini merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan ini juga merupakan pemantauan implementasi perencanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh semua sekolah, sehingga mampu melakukan pembinaaan yang berkelanjutan untuk tahun berikutnya. Di samping itu kegiatan ini juga untuk memberikan ruang para siswa dalam KIR, guru dan sekolah untuk berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).

OPSI dilaksanakan dari tanggal 23 s/d 24 Agustus 2019 di Hotel Anordio Painan dan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Bapak Suhendri, S.Pd, M.Si. Dalam sambutannya Suhendri memotivasi semua peserta untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam meneliti hal-hal baru di lingkungan sekitar. Suhendri juga meminta kepada kepala sekolah dan guru pembimbing agar terus melakukan pembinaan terhadap siswa secara terprogram dan berkelanjutan.

Laporan dari ketua panitia lomba, Sudirman, S.Pd, M.Pd menyatakan bahwa kegiatan OPSI ini bertujuan meningkatkan kreatifitas dan inovasi para siswa agar mampu menjadi generasi yang mandiri di masa yang akan datang. Sebagai tim penilai, panitia mengundang 3 orang dosen dari Perguruan Tinggi di Sumatera Barat yaitu Dr. Akmal, SH, M.Si (Dosen FIS, UNP), Dr. Zulmardi, M.Si (Dosen UMSB) dan Dr. M. Sahnan, M.Pd (Dosen Universitas Bung Hatta Padang)

Kegiatan yang diikuti oleh 49 tim tersebut menghasilkan 3 tim terbaik yaitu : Terbaik 1 berasal dari UPT SMP Negeri 4 Painan atas nama Indah Rahmadani Safitri dan Vika Aprilia Putri dengan judul penelitian “ Buah Sirsak sebagai Sumber Energi Terbarukan “. Terbaik 2 berasal dari UPT SMP Negeri 4 Sutera atas nama Zerly Valentiana Putri dan Vlora Intani Trisia dengan judul penelitian “Pemanfaatan Limbah Botol Plastik sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu”. Terbaik 3 berasal dari UPT SMP Negeri 1 Lunang atas nama Yuvada Amalia dan Dura Aulia dengan judul penelitian “ Tradisi Manjalang Rumah Gadang Mande Rubiah di Nagari Lunang” Kepada para pemenang diberikan reward berupa sertifikat dan hadiah uang tunai untuk terbaik 1 sejumlah Rp 2.000.000,-  terbaik 2 sejumlah Rp 1.750.000,-  dan untuk terbaik 3 sejumlah Rp. 1.500.000,-

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube