Headline News

header-int

90 Orang Pelajar Sekolah Dasar ikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

Kamis, 12 Mar 2020, 10:22:20 WIB - 217 | Gusmanelly, A.Md
90 Orang Pelajar  Sekolah Dasar ikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

Painan, 90 orang pelajar jenjang Sekolah Dasar ikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan, kamis (12/03/2020) di SDN 19 Painan Selatan.

Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) ini diikuti oleh 90 orang pelajar yang merupakan perwakilan dari 15 kecamatan, dimana masing-masing kecamatan mengutus 3 orang untuk bidang studi IPA dan 3 orang untuk bidang studi Matematika.

Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) ini dibuka secara resmi oleh Suhendri,S.Pd,M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya, Suhendri mengatakan bahwa Tema Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 adalah: “Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”

Suhendri juga menjelaskan bahwa Tujuan dilaksanakan KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

“KSN ini untuk mengukur sampai dimana kemampuan anak sekolah dasar dalam menyerap pembelajaran terutama sains IPA dan Matematika, serta untuk mengetahui sudah sampai mana kurikulum itu bisa berjalan di sekolah,” ujar Suhendri.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan berharap nantinya utusan dari Kabupaten Pesisir Selatan ini bisa lolos ke Tingkat Nasional” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2020 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube