Headline News

header-int

Disdikbud Sosialisasikan Kebijakan Program Bos Afirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019

Jumat, 27 Sep 2019, 09:12:45 WIB - 48 | Gusmanelly, A.Md
Disdikbud Sosialisasikan Kebijakan Program Bos Afirmasi dan Bos Kinerja Tahun 2019

Painan, sebanyak 26 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) penerima dana Bantuan Operasioal Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja di Kabupaten Pesisir Selatan, mengikuti Sosialisasi BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019, kamis (26/9/2019) di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan dihadiri sekaligus dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, H.Zulkifli,S.Pd,M.Pd didampingi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri,S.Pd,M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Jafri,S.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Elidarti,M.Pd.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa Bos Afirmasi adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dana ini sebagai tambahan bagi pembiayaan pendidikan selain dari BOS Reguler yang sudah berjalan sejak tahun 2005 karena jika dilihat selama ini BOS Reguler tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah selama satu tahun.

Sementara Bos Kinerja adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan, sekaligus sebagai stimulus bagi sekolah lainnya untuk mendorong mutu layanan pendidikan. BOS Kinerja diberikan ke sekolah yang memang performance nya lebih baik selama dua tahun terakhir, indikator dasar yang digunakan sementara ini adalah rapor mutu sekolah yaitu bisa dilihat adanya kenaikan rata-rata nilai UN selama 2 tahun dan indeks kinerja daerah.

“jadi bapak/ibu harus bersyukur atas bantuan dari pemerintah ini, bantuan ini tentunya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan, digunakan untuk pembelian perangkat digital dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0”jelasnya

Adapun sekolah penerima BOS Afirmasi dan BOS Kinerja di Kabupaten Pesisir Selatan, sebanyak 26 SD dan SMP, diantaranya 17 SMP Penerima BOS Afirmasi dan 2 SMP Penerima BOS Kinerja  serta 7 SD Penerima BOS Kinerja.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Biaya satuan Bos Afirmasi yang diberikan Pemerintah sejumlah Rp 24.000.000 per sekolah ditambah Rp. 2.000.000 per siswa kelas 6, 7, dan 10, sedangkan biaya satuan untuk BOS Kinerja sejumlah Rp. 19.000.000/sekolah ditambah Rp. 2.000.000/ siswa. Kedua dana ini juga direncanakan untuk dibelanjakan berupa tablet dan peralatan TIK sebagai aset sekolah, untuk menunjang akses Rumah Belajar. Dana BOS Kinerja tidak dapat dipukul rata karena indeks kemahalan tiap daerah berbeda-beda dan tidak semua sekolah mendapatkan BOS Kinerja karena betul-betul dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.” Tuturnya.

Persyaratan sekolah yang mendapatkan BOS Afirmasi & BOS Kinerja yaitu Sekolah Negeri yang menerima BOS Reguler, mengisi Dapodik tiga semester terakhir, jumlah siswa benar, mempunyai sumber listrik & internet dan sesuai dengan kriteria sekolah yang sudah di tentukan.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube