Headline News

header-int

Petakan Data Warisan Budaya, Disdikbud Pessel lakukan verifikasi dan validasi Bersama PDPSK Kemendik

Kamis, 01 Agu 2019, 11:56:01 WIB - 218 | Gusmanelly, A.Md
Petakan Data Warisan Budaya, Disdikbud Pessel lakukan verifikasi dan validasi Bersama PDPSK Kemendik

Pesisir Selatan--Pemerintah daerah kabupaten (Pemdakab) Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan melakukan pemetaan data warisan budaya benda yang memiliki nilai sejarah di daerah itu. 

Untuk mencapai harapan itu, sehingga Disdikbud Pessel melakukan validasi dan verifikasi data warisan budaya benda dengan Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Kepala Disdikbud Pessel, Zulkifli, melalui Kepala Bidang Budaya, Irfan Rizal mengatakan Kamis (1/8) bahwa validasi dan verifikasi data warisan budaya benda bersama DPSPK Kemendikbud itu, dilakukan Selasa (30/7) hingga Jumat (2/8). 

"Melalui kegitan ini, maka Tim dari Disdikbud Pessel bersama PDSPK Kemendikbud akan melakukan Penyusunan Data Master Referensi Kebudayaan (Warisan Budaya Benda). Sebab itu akan digunakan untuk output data dan informasi pendidikan dan kebudayaan nantinya," jelas Irfan. 

Dia menambahkan bahwa dari pihak PDSPK Kemendikbud, diikuti oleh  Noorman Sambodo,S.Kom selaku Analis Data Pendidikan (ADP), Ubay Dillah, selaku staf teknis PDSPK.

"Sedangkan dari Disdikbud Pessel, saya didampingi pula oleh empat orang staf Bidang Budaya. Empat orang staf itu diantaranya, Yulnisman SH, Aldeswitri Mutri, M Hum, Toni Melza, S.Sn dan Wempi Rinaldo," ujarnya. 

Kepala Disdik Pessel, Zulkifli dengan didampingi Sekretaris, Suhendri menjelaskan bahwa di daerah itu ada 11 lokasi warisan budaya benda yang akan ditinjau. 

"Sebelas lokasi itu diantaranya, Museum Mande Rubiah, Rumah Gadang Mande Rubiah, Komplek Makam Bundo Kanduang, Makam Tuanku Berdarah Putih, Rumah Percetakan Uang, Masjid Al Imam Koto Baru, Benteng Portugis Pulau Cingkuak, Makam Syekh Muhammad Jamil, dan Kompleks makam Sultan Perhimpunan Alam," terangnya. 

"Peninjauan ini bertujuan untuk melaksanakan pemetaan data warisan budaya benda di wilayah Pessel," ungkap Irfan lagi menimpali.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube