Berita Pilihan
Pencapaian Kinerja Sektor Pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan dari Tahun 2022 s.d 2023
Senin, 08 Apr 2024, 23:15:26 WIB - 133 | Gusmanelly, A.Md
Pesisir Selatan, Pencapaian Kinerja Sektor Pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan dari Tahun 2022 s/d 2023.
Kinerja Sektor Pendidikan dapat digambarkan dari capaian berbagai indikator, yaitu SPM, IPM (yang terdiri dari indikator harapan dan rata-rata lama sekolah) dan Rapor Pendidikan. Semua indikator tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun 2022-2023. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 70,84 menjadi 72,24 hal ini menujukkan terjadi peningkatan sebesar 1,4. Hal ini mencerminkan bahwa adanya kemajuan dalam beberapa aspek kesejahteraan manusia seperti harapan hidup, akses pendidikan, dan standar hidup.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Salim Muhaimin,S.Pd.M.Si menyampaikan bahwa Indek Pencapaian SPM mengalami peningkatan dari tahun 2022 sebesar 52,3 (Belum Tuntas) menjadi 68,3 (Tuntas Muda).
“dalam skala persentase, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 16%, yang menunjukkan peningkatan kualitas pendidikan dan pencapaian akademis siswa dalam kurun waktu tersebut”ungkapnya.
Permendikbudristek RI nomor 32 tahun 2022 dan Permendagri nomor 59 Tahun 2021, indikator SPM Pendidikan digunakan pemerintah daerah sebagai referensi perumusan kegiatan dan anggaran bagi peningkatan kualitas pendidikan. Standar Pelayanan Minimal atau SPM Pendidikan adalah jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap Peserta Didik secara minimal.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa, Harapan Lama Sekolah dari 13,35 menjadi 13,36 antara tahun 2022 menunjukkan kenaikan sebesar 0,01 poin. Dengan nilai Harapan Lama Sekolah Kabupaten Pesisir Selatan sebesar 13,36 pada tahun 2023, ini berarti nilai tersebut melampaui nilai nasional sebesar 13,15. Ini menunjukkan kemajuan dalam harapan lama sekolah di wilayah tersebut, mencerminkan fokus yang diberikan pada pendidikan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka.
Selanjutnya peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah dari 8,43 menjadi 8,58 antara tahun 2022 menunjukkan peningkatan sebesar 0,15 poin. Namun, perlu dicatat bahwa nilai rata-rata ini dapat dipengaruhi oleh faktor seperti peserta didik yang melanjutkan pendidikan di luar Kabupaten Pesisir Selatan. Ini berarti beberapa siswa mungkin tidak dihitung dalam perhitungan rata-rata lama sekolah Kabupaten Pesisir Selatan karena mereka melanjutkan pendidikan di tempat lain. Meskipun demikian, peningkatan ini mencerminkan upaya dan investasi yang dilakukan dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.
Lapor Pendidikan adalah platform yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak tahun 2022. Platform ini bertujuan untuk mengukur indikator kinerja pendidikan daerah secara holistik. Lapor Pendidikan merupakan indikator terpilih dari profil pendidikan yang mencerminkan prioritas Kemendikbudristek dan digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja daerah dan satuan pendidikan. Platform ini menjadi instrumen strategis dalam menilai dan meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai wilayah, serta membantu pemerintah dalam pengambilan kebijakan pendidikan yang lebih terarah dan efektif.
Selanjutnya Indikator strategis yang dikeluarkan oleh Rapor Pendidikan antara lain adalah Kemampuan Literasi dan Kemampuan Numerasi. Kemampuan Literasi mengacu pada kemampuan seseorang dalam memahami dan mengolah informasi saat membaca dan menulis. Nilai kemampuan literasi meningkat secara signifikan dari 49,07 pada tahun 2022 menjadi 63,50, menunjukkan peningkatan sebesar 14,43%.
Sementara itu, Kemampuan Numerasi menggambarkan kemampuan seseorang dalam memahami, menggunakan, dan berinteraksi dengan angka serta konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Nilai kemampuan numerasi juga mengalami peningkatan yang signifikan dari 31,35 pada tahun 2022 menjadi 59,79, mencerminkan peningkatan sebesar 28,44%. Kedua peningkatan ini menunjukkan adanya perbaikan substansial dalam kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi, yang merupakan fondasi penting dalam mempersiapkan mereka untuk sukses dalam pendidikan dan kehidupan selanjutnya.
STATISTIK PENGUJUNG
1 Pengunjung Hari ini | 11 Pengunjung Kemarin | 118,562 Semua Pengunjung | 286,587 Total Kunjungan | 18.220.66.151, IP Address Anda