Headline News

header-int

UNP canangkan Program Zero Waste disekolah

Minggu, 15 Sep 2019, 12:41:32 WIB - 93 | Gusmanelly, A.Md
UNP canangkan Program Zero Waste disekolah

Painan, Universitas Negeri Padang melalui Program Zero Waste kembali bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan melalui Workshop Manajemen Sekolah Berbasis Sustainable Development Goals atau yang disingkat dengan SDGs (Jum’at,13/09/19) di Kantor Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Workshop Manajemen Sekolah Berbasis SDGs dilaksanakan dari tanggal 13-14 september 2019 ini selain dihadiri oleh Pengurus Kecamatan juga dihadiri oleh kepala sekolah SD dan SMP se Kecamatan Koto XI Tarusan, dengan narasumber Dr.Hanif Alkadri,M.Pd  dan Dr. Hadiyanto, M.Pd selaku dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Ketua Tim Pengabdi yaitu Prof. Nurhijrah Gistituati,M.Ed. E.D.d saat ditemui dilokasi menjelaskan bahwa Tujuan dilaksanakan workshop ini adalah untuk mendukung program dunia yaitu SDGs untuk membuat kehidupan dimasa depan tetap hidup, aman dan sehat, serta juga membantu memberikan kesadaran bagi masyarakat tentang bahaya sampah terutama sampah plastik, dan juga membantu kepala sekolah untuk menyusun program sekolah yang terintegrasi dengan kebijakan zero waste disekolah, demi untuk meminimalkan sampah.

Persoalan sampah memang tidak ada habisnya karena setiap harinya sampah selalu dihasilkan. Sayangnya, tidak banyak orang peduli tentang sampah, terlebih tentang bagaimana mengelola sampah agar menjadi ramah lingkungan” katanya.

Dalam paparanya, Dr.Hanif Alkadri,M.Pd selaku narasumber menjelaskan bahwa selama ini, kita hidup di tengah barang-barang sekali pakai, kemasan plastik, dan sampah yang terus menggunung dan tak dapat terurai. Kemudian, gunung sampah tersebut meluap dan mencemari lingkungan. Untuk menjaga masa depan ekosistem, diperlukan perubahan besar, salah satu caranya menerapkan gaya hidup zero waste alias bebas sampah.

Ia menambahkan, Program zero waste di sekolah akan dapat menekan jumlah sampah anorganik yang terus menerus tertimbun. Program zero waste di sekolah dapat dilaksanakan secara regular dan berkesinambungan untuk membiasakan siswa menjaga kebersihan dan membangun karakter hemat pada para siswa.

“Kami ingin mengubah mindset bahwa manusia tidak hanya menghasilkan sampah, namun mempunyai PR bagaimana mengelola sampah yang telah kita hasilkan. Bukan hanya sekedar membuang, tetapi mengolah juga”, tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan untuk membentuk Insan Cerdas, Berbudaya dan Berakhlak Mulia
© 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Follow Me : Facebook Youtube